15 April 2018

KIAT HIDUP SUKSES, BAHAGIA DAN BERKAH



Hidup bahagia, sukses dan berkah merupakan impian setiap orang. Namun untuk mencapainya dibutuhkan usaha dan kerja keras. Berikut tips untuk meraih hidup bahagia, sukses dan berkah dengan mengamalkan tujuh sunnah Rasulullah saw.  

Senantiasa dalam keadaan Wudhu’
Wudhu adalah salah satu cara untuk menyucikan diri dari hadast. Orang yang menjaga Wudhunya akan disayangi oleh Allah. Kata Khalifah Ali bin Abi Thalib, "Orang yang selalu berwudhu akan senantiasa merasa sholat walau ia sedang tidak sholat, dan dijaga oleh malaikat dengan dua do’a (ampuni dosa dan sayangi dia ya Allah)".

Sholat berjamaah Di Masjid
Sholat lima waktu lebih baik berjama’ah di masjid, terutama bagi laki-laki. Pahalanya dihitung pada setiap langkahnya ke masjid. Ia juga akan memperolehi pahala sebanyak 27 kali lipat dibanding shalat sendirian. Bahkan saking pentingnya, nabi hendak membakar rumah sahabat yang tidak shalat berjamaah di masjid.

Sholat Dhuha
Sholat Dhuha adalah sholat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rosulullah Saw. Banyak sekali fadhilah dari Sholat Sunnah Dhuha. Diantaranya, pintu rejeki akan dibukakan dan dimudahkan oleh Allah Swt.  

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Pada tiap-tiap pagi lazimkanlah atas tiap-tiap ruas anggota seseorang diantara kamu bersedekah, tiap-tiap tahlil satu sedekah, tiap-tiap takbir satu sedekah, menyuruh berbuat baik satu sedekah, dan cukuplah (sebagai ganti) yang demikian itu dengan mengerjakan dua rakaat sholat Dhuha".(HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Sholat Tahajjud
Sholat Tahajjud ialah sholat di sepertiga malam terakhir. Diantara fadillahnya adalah : mendapatkan perlindungan Allah, disayangi oleh para ahli ibadah dan orang mukmin, pembicaraannya menjadi hikmah, dimudahkan hisabnya dan akan mendapatkan catatan amal dari tangan kanan.

Allah SWT berfirman, "Dan bangunlah pada sebagian dari waktu malam serta kerjakanlah sembahyang tambahan bagimu, semoga Tuhanmu membangkit dan menempatkanmu pada hari akhirat di tempat yang terpuji." (Al-Isra:79).

Membaca Alqur’an
Membaca Al qur’an merupakan salah satu sunnah Rasulullah terutama pada waktu malam saat tahajud. Untuk itu jadikanlah Al-Qur’an sebagai panduan hidup yang kita baca kapan dan dimanapun.

Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya Al-Qur’an ini memberi petunjuk ke jalan yang amat benar (agama Islam), dan memberikan berita yang menggembirakan orang-orang yang beriman yang mengerjakan amal-amal soleh, Bahwa mereka memperoleh pahala yang besar."[Al-Isra:9]

Senantiasa Bersedekah
Sedekah ialah mengorbankan harta untuk diberikan kepada orang yang memerlukan dengan hati yang ikhlas. Bagi orang yang rajin bersedekah, Allah akan balas setiap sedekahnya dengan rezeki yang melimpah.

Allah SWT berfirman, "Dan jangan sekali-kali orang yang kikir dengan apa yang diberikan Allah kepada mereka dari karunia-Nya mengira bahwa (kikir) itu baik bagi mereka, padahal (kikir) itu buruk bagi mereka. Apa (harta) yang mereka kikirkan akan dikalungkan (dilehernya) pada hari kiamat. Milik Allah-lah warisan (apa yang ada) dilangit dan dibumi. Allah maha teliti atas apa yang kamu kerjakan."(Q.S Ali Imran:180)

Istighfar Setiap saat
Istighfar ialah memohon ampunan dari Allah atas segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan dan berjanji kepada Allah tidak akan mengulangi kesalahan tersebut. Allah Swt berfirman, "Dan Allah tidak sekali-kali akan menyiksa mereka, sedang engkau (wahai Muhammad) ada diantara mereka, dan Allah tidak akan menyiksa mereka sedang mereka beristighfar (meminta ampunan)." [Al-Anfal:33]* (sumber : curansongho.blogspot.com)



No comments:

Post a Comment