01 December 2011

Optimalisasi Pikiran Bawah Sadar Untuk Kesuksesan



Otak merupakan alat yang diberikan oleh Allah kepada manusia untuk menjalani kehidupannya. Otak berperan besar dalam membuat seseorang bisa bertahan hidup. Namun amat sedikit orang yang paham bagaimana kondisi otak itu sendiri.
Otak terbagi atas dua bagian. Otak bagian atas disebut otak sadar dan otak bagian bawah disebut bawah sadar. Otak bagian atas juga terbagi dua, otak kiri(rasional) dan otak kanan(intuisi).
Dari penelitian ilmiah ditemukan bahwa yang sangat menentukan kesuksesan seseorang adalah otak bagian bawah atau pikiran bawah sadar. Bagian otak ini berkaitan degan intuisi, emosi, perasaan dan mental. Jadi kalau kita ingin sukses maka optimalkanlah kemampuan otak kanan seperti kesabaran, intuisi, semangat, dan motivasi. Intinya  perkuat hal-hal yang berkaitan dengan mental dan emosi kita.
Kemampuan rasional seperti berhitung, menghafal, dan lain-lain juga penting tapi itu semua tidak akan berguna kalau tidak didukung oleh kekuatan pikiran bawah sadar.
Itulah yang banyak terjadi saat ini. Kita mendapati teman kita yang selalu juara satu di kelas ternyata kehidupannya kurang sukses. Dia malah menjadi karyawan dan orang suruhan karena tidak memiliki mental juara. Kepintaran otak rasionalnya hanya digunakan untuk melayani dan membantu orang lain, bukan untuk mengembangkan usahanya sendiri.
Betapa banyak kita menyaksikan orang pintar jadi karyawan sedang orang yang tidak terlalu pintar jadi bos. Hal ini terjadi karena biasanya orang yang tidak terlalu kuat di otak kiri  lebih mengaktifkan otak kanannya.
Secara sederhana cara kerja pikiran berawal dari pikiran sadar. Kemudian kalau pikiran ini dilakukan berulang-ulang dengan melibatkan emosi dan waktu yang cukup akan diteruskan ke pikiran bawah sadar. Kemudian pikiran bawah sadar akan menjadi tindakan kita dan akan menentukan kehidupan kita.
Oleh karena itulah kita bisa memformat kesuksesan. Caranya yaitu dengan secara sadar memasukan input-input kesuksesan ke dalam otak sadar dengan berulang-ulang, penuh emosional, dan dalam waktu yang panjang. Dengan cara ini insya Allah apa yang kita inginkan akan terwujud.
Untuk dapat mengaktifkan otak bawah sadar maka kita harus bisa membersihkan pikiran bawah sadar kita sehingga dapat memantulkan segala sesuatu dengan jelas dan jernih. Kalau pikiran bawah sadar kita bersih dan jernih, serta didukung oleh keyakinan yang kuat dan benar maka kesuksesan akan lebih mudah kita raih.
Pkiran bawah sadar ibarat magnet yang akan menarik apa saja yang kita pikirkan. Kalau kita memikirkan kegagalan maka kegagalanlah yang akan kita alami. Sebaliknya kalau kita berpikir tentang kesukesan maka kesuksesanlah yang akan datang.
Kalau kita sering berpikir sukses maka pikiran bawah sadar akan menarik apa saja untuk membantu meraih kesuksesan yang kita impikan. Jadi pikiran bawah sadar bergantung kepada kita. Apakah kita gunakan untuk kebaikan atau untuk kegagalan?
Untuk itu ada cara praktis untuk mengaktifkan pikiran bawah sadar yaitu,  pertama, miliki gambaran yang jelas tentang apa yang kita inginkan. Fokus pada satu hal. bayangkan apa yang anda inginkan itu sudah anda dapatkan secara berulang-ulang. Kalau perlu pasang fotonya di tempat yang sering kita lihat. Kedua, Sampaikan kepada orang dekat tentang atau kepada diri   sendiri tentang keinginan kita. Ketiga, Datangi orang yang sudah sukses meraih apa yang kita inginkan. Bergaul dan belajarlah darinya. Keempat, Minta batuan orang dekat untuk membantu mewujudkan keinginan kita. Kelima, Berdoa. Setiap berdoa ucapkanlah keinginan kita kepada Allah. Keenam, Lakukan secara berulang ulang.  Wallahua’lam.***

No comments:

Post a Comment