09 November 2011

Industri Kreatif




Industri kreatif mulai berkembang terutama sejak maraknya penggunaan internet. Banyak bermunculan usaha-usaha berbasis internet dan usaha yang memanfaatkan internet untuk menunjang bisnisnya.

Bisnis kreatif tidak memerlukan modal yang besar dan biasanya berskala kecil. Modal utamanya adalah ide dan gagasan yang diolah di dalam otak. Jadi pabrik UKM kreatif ada di kepalanya. (your brain is your factory) 

Basis ide dan pengetahuan merupakan ciri khas UKM kreatif. SDM-nya sedikit dan bisa bekerja dimana saja dan tidak membutuhkan tempat yang khusus. Bahkan bisa dimulai dari rumah atau garasi. selanjutnya dengan bermodalkan laptop dan koneksi ke internet dia sudah bisa bekerja. Alat produksinya adalah ide dan pengetahuan yang diolah menjadi produk dan layanan yang bernilai tinggi bagi konsumen. 

Bisnis kreatif biasanya berkembang lebih cepat dibanding bisnis konvensional. Dalam waktu singkat mereka bisa mengimbangi pencapaian bisnis konvensional yang telah dijalankan bertahun-tahun. Bidang-bidang yang termasuk industri kreatif antar lain : periklanan, arsitektur, seni, kerajinan, desain, fashion, penerbitan, film, tv/radio, musik, fotografi, perangkat lunak dan layanan computer. 

Salah seorang pengusaha kreatif yang berhasil adalah Yodhia Antariksa. Dia adalah pemilik dan pengelola situs www.strategimanajemen.net. Pekerjaannya sehari-hari adalah membaca dan menulis kemudian memposting di website yang dikelolanya. Lewat situsnya itu dia bisa membentuk komunitas yang akhirnya menjadi tulang punggung bisnisnya. Output-nya berupa training dan jasa konsultasi di bidang manajemen. Untuk menjalankan usahanya ini dia tidak membutuhkan ruang kantor. Semua aktivitas bisnis dilakukan di rumahnya.  

  Kisah lainnya adalah seorang penulis yang mendapatkan bayaran 15 juta rupiah untuk pembuatan beberapa buah naskah buku. Proyek ini diselesaikannya dalam waktu 2 bulan. Untuk mengerjakan proyek ini dia tidak keluar modal apa-apa. Dia hanya bekerja di rumah dengan laptopnya dan naskah yang sudah selesai dikirim lewat email. Pada waktu yang telah disepakati pembayarannya ditransfer oleh penerbit ke rekening penulis. Praktis dengan hanya bermodal laptop dia bisa menghasilkan karya tulis berupa buku yang hasilnya cukup besar. Tertarik di bisnis kreatif?
    





No comments:

Post a Comment