27 November 2011

Kiat Sukses Bisnis Bagi Pemula



Sebenarnya banyak orang yang mau berwirausaha. Tapi kebanyakan dari orang-orang itu sudah kalah oleh pikirannya sendiri. Takut rugi, takut tidak bisa, modalnya dari mana. Wah... banyak sekali yang menjadi pikirannya.  Padahal semua itu tidak akan beres dengan hanya dipikirkan. Semuanya akan beres kalau dijalani dan dikerjakan.
Ketakutan-ketakutan diatas jelas tidak ada untungnya. Semua hanya akan menghambat langkah kita untuk maju. Oleh karena itu, jangan terlalu banyak khawatir dengan sesuatu yang belum terjadi. Bismillah! mulailah langkahkan kaki pertama dan pasrahlah kepada Allah. Mintalah pertolongan-Nya dan berbisnislah bersama Allah, jangan sendirian. Kalau kita berbisnis bersama Allah maka seberat apapun masalah pasti akan bisa teratasi. Karena Allah bisa mengatasi seberat apapun masalah. Jangan merasa kita yang menyelesaikan masalah. Karena hakikatnya Allahlah yang menyelesaikan setiap masalah kita, kita hanya jalan dari Allah.
Namun secara syariat kita harus menerapkan  strategi khusus agar sukses dalam berbisnis. Berikut beberapa kiat yang dapat kita lakukan saat memutuskan untuk berwirausaha.

Miliki keberanian
Keberanian sangat penting bagi seorang yang akan menjadi wirausaha. Inilah modal awalnya. Mantapkanlah keyakinan dan singkirkan keraguan. Tataplah ke depan dan jangan terlalu khawatir dengan apa yang akan terjadi. Waspada boleh tapi jangan sampai membuat kita jadi takut melangkah.
Pilihlah usaha yang akan anda jalani. Setelah ada kemantapan hati maka mulailah jalani tanpa terlalu banyak perhitungan yang membut kita takut untuk memulai. Sekali kita menunda maka kesempatan akan hilang. Karena kesempatan tidak datang dua kali.
Jangan terlalu khawatir dengan kemampuan anda yang belum memadai. Karena sambil berjalan anda akan bisa. Memang pada tahap awal tidak ada yang sempurna dan ini lumrah sekali. Kita akan mahir seiring dengan pertambahan jam terbang. Semakin sering kita melakukannya maka akan mahir kita dalam melakukan suatu pekerjaan.
Untuk itu anda harus mulai dari langkah pertama untuk mulai mengumpulkan jam terbang anda. Kalau niat anda kuat dan sungguh-sungguh maka anda akan mudah mempelajari sesuatu yang belum anda kuasai. Termasuk dalam menjalankan usaha anda yang baru Anda geluti.

Bermimpilah
Segala sesuatunya berawal dari impian. Kalau bermimpi saja anda tidak berani maka bagaimana anda akan bisa mendapatkannya sesuatu yang anda inignkan. Bangunlah mimpi-mimpi anda setinggi langit. Mumpung bermimpi masih gratis dan tidak bayar.
Untuk anda ketahui mimpi itu tidak harus terwujud semuanya. Namanya juga keinginan. Jadi tidak usaha merasa terbebani dengan mimpi anda yang ketinggian. Karena tidak ada keharusan semua mimpi kita mutlak tercapai. Haya Allahlah yang maha tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Kita hanya bisa berencana dan Allahlah yang menetukan
Namun sadarilah bahwa setiap kesuksesan berawal dari mimpi. Ada baiknya anda membaca biografi dan kisah orang-orang sukses. Hal ini dapat memicu anda untuk bermimpi besar.

Kenali konsumen anda
Siapa yang akan membeli produk anda dan siapa pelanggan anda. Dengan mengetahui tipe konsumen secara pasti maka akan memudahkan kita dalam menjual dan membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Kita harus terus pelajari apa yang diinginkan oleh konsumen kita. Baik untuk saat ini maupun untuk masa depan, agar kita bisa mempersiapkannya dari sekarang. Karena sebuah produk yang tidak inovatif akan ditinggalkan oleh pelanggannya.
Kenalilah bagaimana pola belanja konsumen anda, apa kesukaannya, kesenangannya, dan nilai-nilai yang dianutnya. Dengan inilah anda akan bisa mempertahankan pelanggan anda sehingga bisa bersaing dengan kompetitor.

Pastikan usaha yang akan anda jalani
Agar anda tidak bingung mau usaha apa maka ada baiknya mulai dari hobi anda. Galilah apa kesenangan dan hobi anda dan jadikanlah sebagai peluang usaha. apapun hobi anda berpeluang untuk dikembangakan menjadi sebuah usaha.
Kenapa harus dari hobi? Karena itulah pekerjaan yang paling kita senangi.  Kalau kita senang menjalani sesuatu maka kita akan betah dalam menjalaninya, tidak cepat putus asa dan senantiasa bersemangat, karena kita memang menyenangi pekerjaannya.
Hasil hanyalah akibat dari pekerjaan yang kita lakukan. Kalau kita melakukannya dengan baik dan sungguh-sungguh maka hasilnya juga akan mengikuti. Pikirkanlah proses terlebih dahulu maka anda akan menuai hasilnya. Jangan berpikir hasil dulu sementara anda tidak melakukan apa-apa.
Hal ini sudah dibuktikan oleh Steve Geppi, warga negara Amerika Serikat yang sehari- harinya bekerja sebagai tukang pos. Namun karena memiliki hobi membaca komik maka dia mendirikan toko komik, dimana dia bisa menjual komik dengan harga tinggi. Ternyata usahanya berkembang pesat dan terkenal di kalangan pencinta komik di negeri paman sam itu.

Buatlah rencana pemasaran anda
Dengan adanya rencana pemasaran yang jelas maka produk anda akan bisa sampai kepada konsumen yang anda tuju. Rencana pemasaran tidak selalu dalam bentuk yang rumit tapi cukup yang sederhana saja sesuai kemampuan anda. Yang penting mencakup hal pokok yang harus anda tetapkan seperti penentuan harga, dimana anda menjualnya dan bagaimana kemasannya serta prosedurnya.
Dengan adanya rencana pemasaran maka anda seolah memiliki peta jalan bagaimana produk anda bisa sampai ke konsumen dan menghasilkan keuntungan sehingga dengan ini usaha anda bisa dikendalikan dan diatur dengan baik.

Pisahkan uang usaha dan uang pribadi
Kalau dicampur maka akan membingungkan anda nantinya. Oleh karena itu sebaiknya dipisah, mana uang usaha dan mana uang pribadi. Dan pastikan anda memiliki catatan uang masuk dan uang keluar. Sekecil apapun pengeluaran ada baiknya anda catat sehingga bisa diketahui kemana saja uang anda dibelanjakan.
Jangan pernah membuang struk dan nota karena itu bisa menjadi alat untuk memudahkan anda mencatat laporan keuangan anda. Hati-hati juga jangan sampai uang modal usaha terpakai untuk kebutuhan sehari-hari. Ini semua akan bisa diatasi dengan adanya catatan yang anda lakukan setiap hari.

Jangan ingin cepat untung
Jalanilah usaha secara bertahap. Untuk tahap awal anda bisa balik modal saja itu sudang untung karena kita sudah dapat pengalaman. Usaha kita bisa bertahan saja itu sudah prestasi tersendiri.
Semakin lama anda akan semakin paham dengan bisnis anda dan tahu dari mana keuntungannya. Sehingga anda bisa menetapkan  target keuntungan. Karena anda sudah tahu seluk beluk bisnis anda. Bisa jadi anda baru dapat merasakan keuntungannya beberapa bulan kemudian. Yang penting usaha anda bisa berjalan. Bahkan tidak sedikit perusahaan besar baru bisa mendapatkan keuntungan setelah beberap tahun menjalankan usaha.

Jangan mengerjakan semuanya sendiri
Seberapa pun kemampuan anda pasti tidak akan efektif kalau dikerjakan sendiri. Bentuklah tim bisnis anda dengan merekrut asisten satu atau dua orang sesuai dengan kemampuan anda dan kebutuhan anda. Sehingga anda bisa mendelegasikan sebagian pekerjaan anda kepada staf anda.
Usaha kita akan sulit berkembang kalau kita ingin melakukan segala sesuatunya sendiri. Fokuslah kepada pekerjaan anda dan yang lain bisa anda delegasikan. Dengan ini anda bisa berpikir untuk pengembangan usaha anda ke depan sehingga usaha anda tidak jalan di tempat.

Sungguh-sunggulah dalam menjalankan usaha
Hasil yang akan anda dapatkan sesuai dengan kesungguhan anda dalam bekerja dan berusaha. Kalau anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka sudah barang tentu usaha anda juga harus maksimal. Salam sukses! Wallahua’lam.***





No comments:

Post a Comment