08 December 2010

Uang modal utama dalam bisnis?

Benarkah uang menjadi modal utama dalam berbisnis? Sebagian besar orang berpendapat begitu, namun pengalaman mengatakan lain. Banyak teman yang memulai bisnis dengan modal yang memadai tapi justru berujung dengan kebangkrutan. Mengapa ini bisa terjadi? bukankah modalnya banyak? 

Ternyata kesuksesan bisnis tidak hanya ditentukan oleh modal uang. Ada yang lebih penting dari uang yaitu, antusias, keseriusan, dan keistiqamahan dalam menjalankan usaha. Tidak sedikit orang yang mengawali usaha dengan modal puluhan juta dan bisnisnya berakhir hanya dalam hitungan bulan. Semua barang dagangannya habis berikut dengan modal-modalnya juga habis hilang ditelan bumi. 

Di sisi lain teman-teman yang berbisnis dengan modal semangat, keseriusan, dan istiqamah bisa bertahan walau tidak memiliki modal yang cukup. Hal ini disebabkan karena dia serius dalam bisnisnya sehingga tidak sedikit orang yang tertarik untuk berinvestasi karena memang bisnisnya terlihat menguntungkan. Hasilnya, modal pun berdatangan dari berbagai pihak, tidak terkecuali dari bank.

Oleh karena itu, kalau saat ini anda tidak memiliki modal yang cukup, jangan dulu pesimis untuk memulai usaha. Mulai saja dengan modal yang ada, tetap antusias, dan istiqamah maka dalam waktu tidak beberapa lama modal akan mengejar-ngejar anda.

No comments:

Post a Comment