10 December 2010

Apa itu Entrepreneur?


Istilah entrepreneur sudah tidak asing lagi saat ini. Namun apa pengertian sebenarnya dari entrepreneur? Menurut kamus besar bahasa Indonesia, entrepreneur adalah orang yang pandai atau berbakat mengenai produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkan serta mengatur permodalan operasinya.

Sedangkan menurut Raymond Kao, seorang pakar kewirausahaan, entrepreneur adalah orang yang menciptakan kemakmuran dan proses peningkatan nilai tambah melalui inkubasi gagasan, memadukan sumber daya, dan membuat gagasan menjadi keyataan.

Semetara menurut Rhenald Kasali, entrepreneur adalah seseorang yang menyukai perubahan, melakukan berbagai temuan yang membedakan dirinya dengan orang lain, menciptakan nilai tambah dan memberikan manfaat bagi dirinya dan orang lain. Karyanya dibangun berkelanjutan dan dilembagakan agar kelak dapat bekerja dengan efektif di tangan orang lain.

Begitulah pendapat beberapa pakar tentang istilah entrepreneur. Namun, kalau dilihat dari sudut istilah, entrepreneur itu sendiri bukan sesuatu yang baru. Entrepreneur itu sama saja dengan pengusaha. Dalam skala yang lebih kecil, pedagang kaki lima juga bisa disebut sebagai seorang entrepreneur. Artinya orang yang berusaha sendiri secara mandiri. Dia tidak bekerja untuk orang lain tapi bekerja untuk diri sendiri.

Jadi, pelaku entrepreneur sebenarnya sudah dari dulu ada. Cuma sekarang kembali trend dengan istilah yang baru. Ini juga dipengaruhi oleh perkembangan entrepreneur di negara-negara maju. Para entrepreneur saat ini sudah menjadi motor penggerak kebangkitan ekonomi sebuah negara.

Berbeda halnya denga zaman dulu, orang senang kalau menjadi karyawan dan pegawai (ambtenar). Tapi seiring dengan perkembangan pengetahuan dan wawasan masyarakat, mereka sudah mulai menyadari keuntungan menjadi entrepreneur. Ditambah lagi dengan banyaknya bermunculan pengusaha baru yang sukses dengan usahanya, ini semakin memotivasi masyarakat untuk menjadi entrepreneur.***

No comments:

Post a Comment