07 May 2018

MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI PEMIMPIN


Kegagalan bisa terjadi setiap saat. Untuk itu kita perlu membangun rasa percaya diri agar bisa bangkit kembali setiap mengalami kekalahan. Kalau kita salah menyikapinya, bisa berujung dengan ketidakpercayaan diri.

Begitu juga pemimpin, harus membangun percaya diri setiap saat. Dengan kepercayan diri, pemimpin akan lebih cepat bangkit dari kekalahan. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan seorang pemimpin agar lebih percaya diri.

Pertama, biasakan berpikir sukses. Sukses atau gagal bergantung pada cara kita berpikir. Kalau kita sering berpikir tentang kegagalan maka kegagalanlah yang akan kita raih. Sebaliknya kalau kita sering berpikir tentang kesuksesan maka kesuksesanlah yang akan kita raih. 

Kedua, Sadari bahwa kita lebih baik dari yang kita duga. Banyak orang yang kaget dengan prestasi yang telah dicapainya. “Kok bisa ya?” Ucapan ini sering terlontar ketika kita berhasil meraih kesuksesan. Hal ini wajar, karena selama ini mungkin kita meremehkan kemampuan diri yang sebenarnya lebih baik dari yang kita duga.

Ketiga, bulatkan keyakinan kepada Tuhan karena akan menghasilkan dampak yang luar biasa bagi seorang pemimpin. Keyakinan yang setengah-setengah akan mendatangkan hasil yang  setengah pula.

Keempat, masukkan hanya pikiran positif ke dalam ingatan kita. Pikiran ibarat teko, hanya  akan mengeluarkan apa yang ada di dalamnya. Kalau kita memasukkan air teh maka yang akan keluar air teh, tapi kalau kita memasukkan air kopi maka yang akan keluar air kopi. Begitu juga kalau kita memasukkan pikiran-pikiran kusuksesan ke dalam otak kita maka yang akan keluar juga kesuksesan.

Keuntungan memiliki kepercayaan diri
Banyak sekali keuntungan yang akan kita rasakan dengan memiliki kepercayaan diri. Hal ini selayaknya menjadi motivasi untuk terus meningkatkan rasa percaya diri. Diantara keuntungan itu adalah:

Pertama, kepercayaan diri akan mendatangkan kekuatan. Kepercayaan diri merupakan sumber energi bagi kita untuk tetap optimis dan bersemangat dalam menghadapi setiap permasalahan.

Kedua, kalau kita memiliki kepercayaan diri maka orang pun akan percaya kepada kita. Mustahil kita akan percaya kepada orang yang ragu-ragu dengan pendiriannya. Oleh karena itu, bila kita ingin meraih kepercayaan dari orang maka awalilah dengan percaya kepada diri sendiri.

Ketiga, kalau kita percaya diri berarti percaya kepada pertolongan Tuhan yang maha penolong. kalaupun suatu saat belum terkabul, kita tidak cepat putus asa. Karena sadar Tuhan maha tahu mana yang terbaik. Kita hanya berusaha dan berikhtiar, hasilnya kita serahkan kepada Tuhan. Dengan ini kita akan terus percaya diri setiap saat.

Hakikat percaya diri adalah kepercayaan kepada pertolongan Tuhan, bukan kepercayaan kepada kemampuan diri semata. Karena pada dasarnya segala kemampuan kita merupakan karunia dari pertolongan Tuhan.

Ada beberapa ciri  untuk mengetahui apakah kita sudah memiliki percaya diri atau belum.
Pertama, orang yang percaya diri menyerahkan segala urusannya kepada Tuhan. Dia memiliki kemantapan hati bahwa hidup dan matinya hanya untuk Tuhan. 
Kedua, percaya bahwa kesuksesan bisa diraih karena dia yakin Tuhan selalu membantunya.
Ketiga, Selalu meminta pertolongan Tuhan. Dia yakin Tuhan akan membantunya dalam mencapai segala cita-cita dan harapannya.

No comments:

Post a Comment