28 April 2018

SYARAT JADI PEMIMPIN


Bagi yang ingin jadi pemimpin atau sudah diamanahi sebagai pemimpin, sebaiknya  memahami apa saja syarat-syarat menjadi seorang pemimpin.
  1. Seorang pemimpin mencintai orang lain. Sulit bagi seorang pemimpin untuk bisa berhungan baik dengan bawahannya kalau dia tidak mencintai bawahannya.
  2. Seorang pemimpin harus mampu memimpin dirinya sendiri terlebih dahulu sebelum memimpin orang lain.
  3. Terpercaya adalah sifat wajib seorang pemimpin. Bila hilang kepercayaan maka hilanglah kepemimpinan seseorang. Maka mati-matianlah mempertahankan kepercayaan. Tepati setiap janji dan jangan pernah mengingkarinya.
  4. Seorang pemimpin yang memiliki kecakapan manajemen akan lebih mudah dalam menjalankan organisasinya. Oleh karena itu, ada baiknya seorang pemimpin mengalokasikan waktunya untuk mempelajari ilmu manajemen.
  5. Seorang pemimpin sebaiknya memiliki keahlian di salah satu bidang. Karena hal itu akan membuat kredibilitasnya diakui.
  6. Pemimpin harus pandai berhubungan dengan bawahan karena dia tidak bisa bekerja sendiri. Dia menyelesaikan pekerjaannya lewat bantuan orang lain sehingga harus mampu mendelegasikan program kerjanya.
  7. Seorang pemimpin harus ahli dalam berhubungan dengan manusia. Oleh karena itu perlakukan orang lain sebagai manusia bukan sebagai pekerja atau pesuruh yang bisa diperintah.
  8. Seorang pemimpin harus yakin dengan prinsipnya dan memiliki target yang jelas. Inilah yang menjadi awal kesuksesan seorang pemimpin.
  9. Seorang pemimpin harus mampu berkomunikasi dengan baik dan efektif. Karena hampir 90% aktifitas pemimpin adalah berkomunikasi. Komunikasi menjadi senjata utama dalam menjalankan kepemimpinannya. Oleh karena itu keahlian berkomunikasi menjadi penting bagi seorang pemimpin.
  10. Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan memotivasi diri sendiri. Karena dengan itu dia bisa memotivasi bawahannya. Mustahil bagi pemimpin yang tidak bisa memotivasi dirinya akan mampu memotivasi orang lain.
  11. Pemimpin berbuat melebihi tanggungjawabnya. Dia berikan sepenuhnya dari apa yang dapat diberikan.

No comments:

Post a Comment