27 November 2011

Fungsi Bisnis Plan



Bisnis plan sangat bermanfaat untuk mengarahkan bisnis kita dan memiliki beberapa fungsi yang akan membantu kita dalam menjalankan usaha. Diantara fungsinya adalah,

1. Sebagai rencana aksi  (Action Plan)
Ketika akan memulai sebuah usaha diperlukan adanya rencana aksi. Tanpa adanya rencana tindakan, kita bingung apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Terkadang karena kebanyakan teori akan membuat kita bingung dari mana harus memulai.

Hal inilah yang sering dialami terutama oleh orang yang berpendidikan dan bergelar. Dia sering lambat dalam mengambil keputusan karena banyak pertimbangan dan terlalu hati-hati sehingga dia tidak segera mulai. Berbeda dengan orang yang tidak terlalu banyak dicekoki oleh teori-teori yang muluk-muluk, biasanya dia lebih banyak bertindak dan mencoba. 

2. Sebagai peta jalan ( Road Map)
Bisnis plan juga berfungsi sebagai peta jalan kita. Dengan adanya peta kita akan tahu ke mana arah yang akan dituju dan jalan mana yang terbaik yang harus ditempuh. Dengan adanya peta kita akan mendapatkan gambaran yang menyeluruh dari perjalanan kita.

Peta jalan akan membuat kita bisa memperkirakan dan memprediksi berapa lama kita akan sampai di tujuan dan rintangan apa saja yang menghadang di depan kita. Orang yang punya peta akan lebih mantap dalam melangkah dan akan lebih cepat sampai di tujuan.

3. Sebagai alat penjualan ( Sales Tool)
Rencana bisnis juga berfungsi sebagai alat penjulan kita terutama kepada investror. Dengan adanya bisnis plan maka investor akan bisa memprediksi bisnis kita apakah akan menguntungkan atau merugikan. Sehingga bisnis plan akan mempermudah investor dalam mengambil keputusan, apakah dia akan berinvestasi atau tidak. Wallahua’lam.***

No comments:

Post a Comment