Tujuan utama dari promosi adalah
memperkenalkan produk secara luas dan tepat sasaran. Jadi tidak cukup dikenal
orang banyak saja, tapi yang lebih penting dikenal oleh konsumen yang tepat
sasaran dan membutuhkan produk kita. Kalau begitu bagaimana cara berpromosi
dalam bisnis online? Berikut tips-tipsnya:
Pertama, tampilkan foto
produk yang asli bukan hasil editan.
Dengan kecanggihan aplikasi editing saat ini maka
foto yang jelek bisa jadi bagus. Namun ini
sama saja dengan penipuan, sesuatu yang terlarang dalam bisnis online. Untuk itu
tampilkan foto produk yang tanpa editan. Kalau ingin terlihat bagus maka
gunakan pencahayaan yang cukup dan background foto yang menarik.
Dalam bisnis online konsumen
tidak melihat barangnya secara langsung. Satu-satunya yang bisa dilihat adalah
foto produk. Jadi jangan sampai konsumen merasa tertipu karena produk yang
sudah dikirim berbeda dengan fotonya. Seharusnya apa yang terlihat di foto
seperti itu pula yang diterima oleh konsumen.
Kedua, gunakan facebook
marketing.
Kenapa menggunakan facebook? Karena
facebook merupakan sosmed terbanyak yang digunakan di indonesia. Lebih dari 111
juta penduduk indonesia adalah pengguna facebook aktif. Jadi sangat tepat bila
digunakan untuk berpromosi.
Ketiga, bergabung dengan
market Place
Dengan maraknya bisnis online,
tidak sedikit orang yang memanfaatkannya untuk kejahatan dan penipuan. Dia pura-pura
menawarkan barang di sosmed, namun setelah dibayar oleh konsumen barangnya
tidak kunjung dikirim. Karena niatnya memang untuk menipu.
Kekhawatiran ini direspon oleh
beberapa pihak dengan membuat market place seperti shopee, tokopedia,
bukalapak, kaskus, dan lain-lain. Disini konsumen mendapatkan jaminan
berbelanja dan tidak takut ditipu. Karena kalau barang yang dipesan di market
place tidak kunjung datang maka uangnya akan dikembalikan oleh pihak market place.
Jadi penjual tidak akan bisa menipu konsumen.
Bagi penjual pun tentu sangat
menguntungkan bila bergabung dengan market place. Karena produknya akan tampil
di market place tempat dia berjualan. Apalagi market place-nya sudah memiliki
reputasi yang bagus dan banyak dikunjungi oleh konsumen sehingga membuat produk
lebih dikenal. Konsekwensinya jelas peluang penjualan pun semakin besar.
Keempat, beriklan di situs
penyedia iklan.
Bila anda punya budget maka
beriklanlah di situs penyedia iklan seperti facebook ads, instagram ads atau
twitter ads. Ini jelas akan berdampak bagi promosi produk kita. Situs tersebut
akan membantu meningkatkan traffic pengunjung ke situs web kita.
Situs penyedia iklan lainnya yang
bisa digunakan adalah google adwords. Strategi promosinya adalah dengan
menggunakan mesin pencarian google yang biasa disebut dengan search engine marketing. (pemasaran
berbasis mesin pencari).
Anda bisa menargetkan calon
konsumen yang spesifik berdasarkan keyword topik, lokasi dan waktu. Menariknya,
anda bisa beriklan sesuai dengan kemampuan budget yang anda miliki.
Anda juga bisa melakukan promosi secara
mandiri dengan seo (search engine optimization) yaitu strategi mempengaruhi
tingkat keterlihatan suatu website di hasil pencarian google. Dengan strategi
ini situs web anda bisa tampi di halaman pertama google di baris atas, sehingga
lebih mudah ditemukan konsumen.
Itulah beberapa strategi promosi
yang bisa anda lakukan di bisnis online. Silakan pilih cara yang paling cocok
buat anda. Tidak harus yang berbayar, cara-cara gratis pun bisa anda coba. Tapi
kalau anda ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat dan nyata maka tidak ada
salahnya berpromosi dengan budget tertentu.
(Referensi : www.jurnal.id)
No comments:
Post a Comment