1.
AKUN
- Buat
akun khusus jualan, bukan akun pribadi
- buat nama
toko [username] yang singkat, unik, dan mudah diingat.
- lengkapi
akun dengan keterangan produk yang dijual
- Tulis
alamat rumah/toko tempat anda berjualan
- cantumkan
nomor telepon/wa
- publikasikan
nama, tempat tinggal, jualan apa saja, dan informasi pribadi anda yang
sifatnya boleh untuk di publikasikan. Jangan menyembunyikan identitas asli
anda.
2.
PROFIL
- Buatlah
bio yang menarik agar orang yang yang melihat semakin percaya dengan
bisnis Anda
- Buatlah
bio berguna yang memberikan informasi tentang brand seperti
alamat atau kontak.
- kerangka
bio : [apa bisnis Anda + Apa keunggulannya + Buat semenarik mungkin]
- kasih
emoticon. contoh @txture
- buat
indentitas sejelas mungkin. Lengkapi profil, identitas bisnis, alamat,
info kontak, dll.
- Jangan Digembok [mengaktifkan
fitur ‘private account’.]
3.
NICHE
- fokus
di satu niche. [ceruk pasar yg spesifik]
- Buat
akun Instagram yang spesifik sesuai dengan produk anda [mis boneka]
- promosikan dan jual hanya boneka
di akun tersebut.
4. POSTING
Tujuan orang buka instagram bukan untuk
melihat penawaran dari suatu brand. Tapi melihat updatean terkini, meLihat foto
idola, Cari hiburan, dan menyegarkan pikiran mereka dengan foto-foto yang
mengikat emosi.
- relasikan
brand Anda dengan tujuan di atas.
- relasikan
emosi dan suasana hati calon pelanggan dengan produk yang
kita tawarkan. Contoh @pattengoods
- Rutin
Posting Gambar Setiap Hari
- usahakan
Instagram Anda mempunyai aktivitas yang konsisten setiap harinya.
- Bila
anda tidak mempunyai foto untuk dibagikan, bagikan foto yang menarik atau quote populer
- Jangan
posting foto secara bersamaan.
- Post
di Waktu yang Tepat : pukul 07.00 pagi, 12.00 siang, dan 22.00 malam.
- Jangan
berlebihan Maksimal 10 foto per-hari.
- tambahkan
deskripsi/caption lengkap mengenai produk
- Tulis
Produk knowledge yang detil seperti Bahan yang di gunakan, ukuran, warna,
harga, cara pemesanan. Caranya : tulis langsung di foto atau di bagian
kolom foto yang anda posting.
- selingan
dengan meng-upload foto-foto yang tidak berkaitan secara
langsung dengan penawaran barang, tapi masih terkait dengan barang yang
dijual. Misalnya Anda menjual boneka, maka dapat meng-upload foto
yang mengarah pada tips merawat boneka. Dengan demikian, follower Anda
merasa mendapat manfaat dari akun Anda.
- mempersiapkan
minimal 3 – 9 foto yang harus sudah diupload duluan.
- Pakai
aplikasi Instagrid
- Berikan
konten yang mengikat relasi & emosi audiens
- aplikasi
upload foto secara terjadwal : Hootsuite atau Buffer.
- Dalam
sehari anda bisa upload foto 20-100.
- Upload
Bukti Transaksi seperti foto saat barang dikirimkan, testimoni pelanggan
agar orang percaya
- Setiap
upload foto/video selipkan humor agar orang senang dan tersenyum
- Cari
Inspirasi & Strategi Dimanapun, termasuk kompetitor kita. buka
akun kompetitor Anda, analisis foto yang memiliki engagement paling
tinggi. buatlah konten dengan standar foto tersebut dan lakukan
peningkatan/modifikasi.
- Setiap
kali posting di instagram bagikan ke sosial media lain. [Facebook]
- cari
teman yang menggunakan instagram di facebook kemudian follow mereka
- perkecil
tingkat hard selling dalam Instagram. gunakan copywriting yang menarik daripada melakukan
hard selling. Contoh @sharpie.
5. GAMBAR /DESAIN
- Kuncinya
Terletak Pada Pemilihan Gambar dan Kualitasnya.
- semakin
menarik gambar yang Anda bagikan, interaksi (like dan komentar) akan
banyak pula.
- Tampilkan
Produk Anda Dengan Desain Yang Kreatif
- edit
menggunakan Photoshop agar hasil lebih maksimal.
- Perbaiki
kualitas foto. usahakan menarik, jelas, dan fotogenik.
- Pengambilan
foto yang berkualitas dan terlihat profesional
- Jangan
rusak profile Instagram Anda dengan foto-foto kualitas rendah.
- Hindari
foto yang ‘pecah’ dan nge-blur.
- amati
dan tiru bagaimana akun-akun profesional dalam memposting foto.
[contoh @yourviel dan @voyej]
- Berikan
warna yang ‘sedarah’ dengan karakter brand
- Setiap
foto yang Anda upload harus sewarna dan sesuai dengan karakter
brand Anda.
- Gunakan
filter atau proses editing yang sama dan sejenis. Contoh @wxglimited
- Buat
tulisan yang menarik di atas foto seperti quotes, call-to-action,
promosi atau diskon
- perhatikan juga desain dan tata
letak tulisannya. Gunakan aplikasi Canva.com
6.
HASTAG
·
Hashtag = kata kunci sebuah produk
- sertakan
hashtag dari setiap produk yang di-upload.
- fungsinya
:
·
untuk mengelompokan sebuah topik
·
memudahkan audiens menemukan apa yang mereka
cari.
·
memudahkan orang untuk melihat produk Anda
·
membuat produk Anda semakin dikenal.
- buat
hastag dengan kata yang bervariasi.
- 3-5
hashtag sudah cukup.
- kalau
mau menggunakan lebih banyak hashtag, sembunyikan di kolom komentar.
- Kategorikan
semua posting Anda dengan tanda pagar (#) di kolom keterangan (caption).
- Kalau
anda menjual boneka bikin hastag #bonekabarbie.
- buat
beberapa Hashtag yang berkaitan seperti #Bonekamuslim, #bonekalucu
dll.
- Pilih hashtag yang paling populer
dan sesuai dengan konten yang kita post.
7.
IKLAN
Cara beriklan
1. lakukan
advertising[iklan berbayar] ketika akun Instagram Anda sudah siap untuk naik
level.
2. Pakai
Teknik SFS
·
saling mempromosikan sesama online shop
·
SFS hanya bisa dilakukan oleh sesama online
shop yang memiliki produk berbeda
3. Endorse
Produk
·
berpromosi dengan memberikan produk secara
gratis ke selebriti/pejabat/orang terkenal dengan syarat mereka harus
memposting status dengan tujuan mempromosikan produk tersebut.
·
cari akun selebriti yang menerima endorse.
·
tawarkan secara langsung ke para selebriti
tadi.
·
Postingnya bisa berupa foto, tulisan
rekomendasi, video, dan lain-lain.
8. KERJASAMA
Jalin Kerjasama untuk Memperluas Jaringan. Caranya :
·
kenali siapa yang akan Anda ajak kerjasama.
·
cari akun-akun Instagram yang punya jumlah
followers tinggi.
kerjasama ini dibagi jadi 2 jenis:
1. Berbayar.
·
membayar akun Instagram partner untuk promosiin produk
kita.[endorsement]
·
Mintalah mereka untuk mempromosikan akun Instagram Anda ke
followersnya.
·
sertakan call-to-action kepada pelanggan, Seperti follow akun
Instagram kita atau buka link website.
2. gratis
·
memberikan produk secara gratis kepada akun
Instagram yang akan melakukan promosi.
·
menghubungi calon partner terlebih
dahulu.
·
Lakukan negosiasi.
·
Langkah kedua adalah dengan
metode ‘shared for shared’
·
saling mempromosikan konten masing-masing
dengan partner tersebut.
·
Anda harus punya followers yang sebanding
dengan akun partner tersebut.
9. PROMO
- berikan potongan harga
- berikan hadian. gratis untuk produk
tertentu setelah memilih produk utama. [mis. 3 hadiah]
- minta customer berbagi foto produk Anda dg menggunakan hastag
- Tingkatkan Engagement dengan
Kampanye Buatlah sesuatu yang mengajak audiens Anda untuk mengambil
action dengan cara yang kreatif. seperti mengajak audience buat double tap
alias love foto kita. yang beruntung bakal dapat hadiah.
- Harga Coret. tambahkan tulisan
harga yang dicoret. berikan harga yang lebih murah di foto produk yang
anda upload. Pastikan harga diskon yang anda berikan lebih murah dari
kompetitor
- Promosi Halus. membuat foto yang
anda upload tidak terlihat seperti foto promosi. Caranya dengan tidak
fokus ke produknya.
10. FOLLOWER
·
Perbanyak Followers Instagram Anda
- Kalau
sulit dapat Followers! anda saja yang follow mereka
- Cari
– Follow – Interaksi – FollowBack – Unfollow
- follow
pengikut dari akun instagram yang menjual produk sejenis dengan produk
Anda. [kompetitor]. follower di toko tersebut merupakan pangsa
potensial Anda.
- Follow sebanyak
mungkin akun yang sesuai dan lakukanlah secara bertahap.
- Usahakan
cari yang folowersnya banyak dan juga tingkat komen serta likenya tinggi.
- Lakukan
hingga follower mencapai angka puluhan ribu.
- Kalau
ingin praktis Gunakan tool : Celebgramme. Tool ini membuat akun anda berinteraksi
secara organik 24 jam sehari, disesuaikan dengan target anda.
- Lakukan
interaksi dengan mereka yang sudah Anda follow.
- Love
atau berikan komentar di foto mereka.
- Komentar
tersebut gak boleh bersifat promosi, penawaran atau jualan.
- puji
foto mereka. orang senang dengan pujian.Tapi jangan berlebihan.
- Berikan
kesan yang positif kepada brand Anda sendiri.
- Setelah followers
kita meningkat, unfollow untuk memperkecil jumlah following
kita. Dari pada timeline Instagram Anda dipenuhi oleh update-an dari calon
pelanggan, lebih baik penuhi timeline dengan akun Instagram kompetitor
atau akun yang bisa menginspirasi.
11. RESPON
- respon
secara cepat dan sabar
- Follow
dan komen orang yang menggunakan hashtag yang sama.
- Like
dan Komentari Foto Teman (Followers).
- like
dan komentari foto di setiap hashtag yang anda target.
- pastikan
anda aktif dengan mereka agar akun anda terlihat di publik.
- Hindari spam
[promosi di sembarangan tempat] dan komentar sembarangan
- Jalinlah hubungan dengan
audiens secara natural, selayaknya kita melakukan pertemanan
12. EMAIL
LIST
Kumpulkan email list dari Instagram.
Caranya :
1. Buat
call-to-action singkat dan menarik di bio beserta link menuju lead page.
2. Post
konten yang isinya promosi sesuatu yang bisa ditukar dengan email.
3. beri
perintah di konten yang baru Anda post, agar audiens klik link yang ada di bio.
Bila Audience klik link, Anda akan mendapatkan email list dari Instagram.
13. TOOLS
Beberapa tool instagram yg bisa
digunakan :
1.
Visual Creator:
2.
Canva.com
3.
Ease.ly
4.
Manajemen & Analisis
5.
Hootsuite
6.
Later.com
7.
Iconsquare
8.
Editing foto:
9.
VSCO Cam
10.
Instagrid
11.
Layout (Instagram)
No comments:
Post a Comment