Instagram merupakan
salah satu media sosial yang banyak dimanfaatkan untuk berbisnis online. Karena
tampilannya yang mengutamakan foto sehingga produk bisa langsung terlihat.
Karena orang labih tertarik melihat foto dibanding tulisan. Bagi anda yang ingin
untuk menggunakan instagram sebagai sarana jualan online, berikut tips-tipsnya.
AKUN
Buat akun
khusus jualan bukan akun pribadi. Kemudian lengkapi dengan nama toko [username]
yang singkat, unik, dan mudah diingat. Di bagian bio tulis nama, jenis produk, tempat
tinggal, tempat anda berjualan dan nomor telepon/wa. Intinya publikasikan informasi
pribadi yang boleh untuk dipublikasikan. Jangan menyembunyikan identitas asli
anda.
PROFIL
Buatlah bio
yang menarik agar orang percaya dengan bisnis Anda. Bio berguna untuk
memberikan informasi tentang brand, bisnis Anda, apa keunggulannya, alamat dan
kontak. Buat indentitas sejelas mungkin dan jangan digembok [jangan mengaktifkan
fitur ‘private account’.]
NICHE
fokus jualan
di satu niche. [ceruk pasar yg spesifik]. Untuk itu buat akun Instagram yang
spesifik sesuai dengan produk anda. Kalau bisnis anda boneka maka promosikan
dan jual hanya boneka di akun tersebut.
POSTING
Tujuan
orang membuka instagram bukan untuk melihat penawaran dari suatu brand. Tapi
melihat update-an terkini, melihat foto idola, mencari hiburan, dan menyegarkan
pikiran mereka dengan foto-foto yang mengikat emosi. Untuk itu sesuaikan brand
Anda dengan tujuan di atas. Relasikan emosi dan suasana hati calon
pelanggan dengan produk yang kita tawarkan.
Usahakan Instagram
Anda mempunyai aktivitas yang konsisten setiap hari. Bila anda tidak mempunyai
foto produk untuk dibagikan, maka posting foto yang menarik atau quote populer.
Postinglah di waktu yang efektif seperti pukul 07.00 pagi, 12.00 siang, atau 22.00
malam. Namun jangan berlebihan, maksimal 9 foto per-hari.
Tambahkan deskripsi
(caption) yang lengkap
mengenai produk. Tulis Produk knowledge yang detil seperti bahan yang digunakan,
ukuran, warna, harga, cara pemesanan. Caranya bisa tulis langsung di foto atau
di bagian kolom foto yang anda posting.
Tidak ada
salahnya anda selingi dengan meng-upload foto-foto yang tidak
berkaitan secara langsung dengan penawaran barang, tapi masih berhubungan
dengan barang yang dijual. Misalnya Anda menjual boneka, maka dapat meng-upload foto
tips merawat boneka. Dengan demikian, follower tetap mendapat manfaat dari akun Anda.
Sebelum posting
persiapkan minimal 3 – 9 foto. Untuk mempermudah bisa menggunakan berbagai aplikasi
seperti Instagrid atau geulgram. Berikan konten yang menyentuh emosi audiens. Untuk
penjadwalan postingan anda bisa menggunakan aplikasi Hootsuite atau Buffer,
sehingga dalam sehari anda bisa upload foto 20-100.
Untuk meyakinkan
konsumen ada baiknya anda upload bukti transaksi, foto saat barang dikirim atau
testimoni pelanggan. Disamping itu usahakan postingan tidak terlalu kaku. Sekali-kali
selipkan humor ringan saat anda upload foto agar orang senang dan tersenyum.
Untuk meningkatkan
popularitas akun anda maka carilah inspirasi dan strategi dimanapun, termasuk dari
kompetitor anda. Caranya buka akun kompetitor, analisis foto yang memiliki
engagement paling tinggi. Kemudian buatlah konten dengan standar foto tersebut
dan lakukan modifikasi.
Setiap
kali posting di instagram jangan lupa untuk membagikan ke sosial media lain
seperti Facebook. Kemudian cari teman yang menggunakan instagram di facebook
kemudian follow mereka. Yang perlu diingat, kurangi strategi hard selling(penjualan
langsung) dalam Instagram. Untuk itu gunakan copywriting dalam menulis naskah iklan.
GAMBAR/DESAIN
Kunci
sukses di instagram terletak pada pemilihan gambar dan kualitas fotonya. Semakin
menarik gambar yang Anda bagikan, interaksi (like dan komentar) akan semakin banyak
pula. Tampilkan foto produk dengan desain yang kreatif. Salah satunya dengan menggunakan
Photoshop agar hasil lebih maksimal. Perbaiki kualitas foto dan usahakan agar menarik,
jelas, fotogenik dan terlihat profesional.
Kemudian jangan
rusak profile Instagram Anda dengan foto-foto berkualitas rendah. Hindari foto
yang “pecah” dan blur. Sekali lagi tidak ada salahnya mengamati dan meniru akun-akun
profesional dalam memposting foto.
Disamping itu
setiap foto yang Anda upload sebaiknya senada dan sesuai dengan karakter
brand Anda agar mudah dikenali. Dan dibagian akhir lengkapi dengan tulisan yang
menarik di atas foto seperti quotes, call-to-action, promosi atau diskon.
HASTAG
Hashtag adalah
kata kunci sebuah produk. Hastag harus disertakan setiap meng-upload foto produk.
Hastag sendiri berfungsi untuk mengelompokan sebuah topik, memudahkan audiens
menemukan apa yang mereka cari, memudahkan orang untuk melihat produk Anda dan membuat
produk Anda semakin dikenal.
Buatlah hastag
dengan kata yang bervariasi, minimal 3-5 hashtag. Kalau mau menggunakan lebih
banyak hashtag, sembunyikan di kolom komentar. Kategorikan semua posting Anda
dengan tanda pagar (#) di kolom keterangan (caption). Kalau anda menjual boneka
bikin hastag #bonekabarbie, misalnya. Tambahkan dengan beberapa Hashtag yang
berkaitan seperti #Bonekamuslim,
#bonekalucu, dll. Jangan lupa untuk mencantumkan hashtag yang paling
populer dan sesuai dengan konten postingan kita.
IKLAN
Ketika akun
Instagram Anda sudah siap untuk naik level maka lakukan advertising [iklan
berbayar]. Diantaranya dengan teknik SFS yaitu saling mempromosikan sesama
online shop. Namun SFS hanya bisa dilakukan oleh sesama online shop yang
memiliki produk berbeda.
Cara lain
adalah dengan endorse produk yaitu berpromosi dengan memberikan produk secara
gratis ke selebriti, pejabat dan orang terkenal. Syaratnya mereka harus
memposting status yang mempromosikan produk tersebut. Untuk itu cari akun
selebriti yang menerima endorse. Tawarkan secara langsung ke para selebriti
tadi. Postingnya bisa berupa foto, tulisan rekomendasi, video, dan lain-lain.
KERJASAMA
Jalin kerjasama
untuk memperluas jaringan. Caranya kenali siapa yang akan Anda ajak kerjasama. Cari
akun-akun Instagram yang punya jumlah followers tinggi.
Kerjasama ini
ada dua jenis. Pertama dengan berbayar. Yaitu membayar akun Instagram partner
untuk mempromosikan produk kita.[endorsement]. Mintalah mereka untuk
mempromosikan akun Instagram Anda ke followers-nya. Sertakan call-to-action
kepada pelanggan, Seperti “follow akun Instagram kita” atau “buka link website”.
Kedua, gratis.
Yaitu memberikan produk secara gratis kepada akun Instagram yang akan melakukan
promosi. Caranya hubungi calon partner terlebih dahulu kemudian lakukan
negosiasi. Setelah ada kesepakatan mintalah dia mempromosikan akun anda.
Cara lainnya
adalah dengan metode ‘shared for shared’. Saling mempromosikan konten
masing-masing dengan partner tersebut. Tentunya Anda harus punya followers yang
sebanding dengan akun partner tersebut.
PROMO
Promo adalah
teknik yang sering digunkan dalam bisnis online. Seperti potongan harga, hadiah
atau gratis untuk produk tertentu setelah memilih produk utama. Caranya minta
customer berbagi foto produk Anda dengan menggunakan hastag.
Tingkatkan
Engagement dengan Kampanye. Buatlah sesuatu yang mengajak audiens Anda
untuk mengambil action dengan cara yang kreatif. Seperti mengajak audience membuat
double tap alias love foto kita. Yang beruntung bakal dapat hadiah.
Tips lainnya
tambahkan tulisan harga yang dicoret. berikan harga yang lebih murah di foto
produk yang anda upload. Pastikan harga diskon yang anda berikan lebih murah
dari kompetitor.
Terakhir lakukan
promosi secara halus. Buat foto yang anda upload tidak terlihat seperti foto
promosi. Caranya dengan tidak fokus ke produknya.
FOLLOWER
Perbanyak
Followers Instagram Anda. Kalau sulit dapat Followers! anda saja yang follow
mereka. Tekniknya : Cari – Follow – Interaksi – FollowBack – Unfollow .Kemudian
follow pengikut dari akun instagram yang menjual produk sejenis dengan produk
Anda. [kompetitor]. follower di
toko tersebut merupakan pangsa potensial Anda.
Follow sebanyak mungkin akun yang sesuai dan lakukanlah secara
bertahap. Usahakan cari yang folowersnya banyak dan juga tingkat komen serta
likenya tinggi. Lakukan hingga follower mencapai angka puluhan ribu. Kalau ingin praktis
Gunakan tool : Celebgramme.
Tool ini membuat akun anda berinteraksi secara organik 24 jam sehari,
disesuaikan dengan target anda.
Lakukan
interaksi dengan mereka yang sudah Anda follow. Berikan Love atau
komentar di foto mereka. Komentar tersebut tidak boleh bersifat promosi,
penawaran atau jualan. Puji foto mereka karena orang senang dengan pujian, tapi
jangan berlebihan. Berikan kesan yang positif kepada brand Anda sendiri.
Setelah
followers kita meningkat, lakukan unfollow untuk memperkecil jumlah
following kita. Dari pada timeline Instagram Anda dipenuhi oleh update-an dari
calon pelanggan, lebih baik penuhi timeline dengan akun Instagram kompetitor
atau akun yang bisa menginspirasi.
RESPON
Respon secara
cepat dan sabar bila ada chatting atau komentar. Follow dan komentari orang
yang menggunakan hashtag yang sama. Like dan komentari foto teman (Followers)
dan foto di setiap hashtag yang anda target. Pastikan anda aktif dengan mereka
agar akun anda terlihat di publik.
Disamping itu
hindari spam [promosi di sembarangan tempat] dan komentar sembarangan. Jalinlah hubungan
dengan audiens secara natural, selayaknya kita melakukan pertemanan.
EMAIL LIST
Kumpulkan email list dari Instagram. Caranya buat call-to-action singkat
dan menarik di bio beserta link menuju lead page. Post konten yang isinya
promosi sesuatu yang bisa ditukar dengan email. Beri perintah di konten yang
baru Anda posting, agar audiens klik link yang ada di bio. Bila Audience klik
link, Anda akan mendapatkan email list dari Instagram.
No comments:
Post a Comment