Medsos (Media Sosial) seperti
facebook, instagram dan twitter memang sudah akrab dengan kehidupan kita. Namun
selama ini penggunaannya sebatas untuk berinteraksi dan posting foto aktivitas keseharian
kita. Sedangkan untuk berbisnis diperlukan cara-cara khusus dalam menggunakan
sosmed. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah menggunakan medsos untuk bisnis online.
Pertama, buat perencanaan.
Sebelum menjual sesuatu lewat
medsos, butlah perencanaan pemasaran terlebih dahulu. Tanpa rencana pemasaran
anda akan kehilangan arah dan fokus. Akibatnya tingkat pencapaian bisnis sulit
bisa diukur.
Ada beberapa hal yang perlu ditentukan.
1) Apa tujuan bisnis anda? 2) Apa target yang ingin dicapai? 3) Siapa target
pasar anda? 4) Bagaimana kebiasaan mereka dalam menggunakan sosmed? 5) Apa
pesan yang ingin anda sampaikan pada calon konsumen?
Selanjutnya, untuk tahap awal
lakukanlah survei kecil-kecilan untuk mengetahui postingan seperti apa yang
disukai oleh follower anda. Kalau sudah ketemu fokuslah dengan jenis postingan
tersebut.
Disamping itu sosmed juga bisa
digunakan untuk mengedukasi konsumen dengan artikel-artikel bermanfaat berkaitan
dengan produk. Tujuannya agar konsumen semakin memiliki wawasan tentang produk
sehingga mereka membeli bukan karena dorongan emosional semata tapi karena
paham manfaat dan kelebihannya.
Di dalam artikel tersebut anda
bisa melakukan soft selling(penawaran secara halus) dengan menyelipkan promosi.
Konten-konten ini pada akhirnya akan meningkatkan loyalitas konsumen kepada
produk anda.
Pada akhirnya dengan menggunakan
sosmed anda harus mendapatkan traffic ke situs web anda, mendapatkan
konversi(pembelian), orang sadar dan kenal dengan brand(merek) produk anda,
serta bisa berinteraksi dengan konsumen dan calon konsumen.
Kedua, konten penentu.
Pastikan setiap postingan anda
adalah konten yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh konsumen. Jangan hanya
memposting foto produk secara berlebihan yang membuat orang tidak mau membaca
konten kita. Lakukan variasi postingan antara text, gambar, video, atau info
grafik yang berkaitan dengan produk.
Ketiga, konsisten dengan brand image
Promosi di sosmed bermanfaat untuk
memperkenalkan brand agar mudah diingat, karena memiliki ciri khas yang ditampilkan
secara konsisten. Jadi ketika meng-update status di sosmed pastikan brand image
tampil konsisten sehingga orang langsung mengenali brand anda.
Keempat, buat blog
Blog juga berfungsi sebagai sarana
pemasaran yang efektif, khususnya untuk memposting konten yang besar
kapasitasnya. Kalau ada konten yang ingin anda share di sosmed maka share link-nya
saja. Tujuannya agar bisa mengarahkan folower ke situs web kita. Sehingga
follower tidak hanya berselancar di sosmed anda.
Kelima, ukur keberhasilan dengan analytics.
Google sendiri menyediakan
fasilitas bernama google analytics. Dengan fitur ini anda bisa mengukur
keberhasilan bisnis di sosmed atau di blog anda. Seperti domisili pengunjung
web, produk yang sering dilihat, produk yang sering ditanyakan dan dicari, dan lain-lain.
(referensi : www.smartbisnis.co.id)
No comments:
Post a Comment