Seperti sudah kita bahas
sebelumnya, facebook merupakan sosial
media yang paling banyak digunakan di dunia. Oleh karena itu banyak orang
memanfaatkannya untuk berjualan online. Lalu bagaimana cara menggunakan
facebook sebagai sarana berjualan? Untuk diketahui ada beberapa fitur yang bisa
kita gunakan untuk berjualan di facebook.
Pertama, akun personal
Menurut aturannya akun personal
tidak diperbolehkan untuk berjualan. Bagi yang ingin memanfaatkan facebook
untuk berjualan, facebook sudah menyediakan fitur halaman facebook. Namun pada
kenyataannya tetap saja banyak orang yang memanfaatkan akun personal untuk
berjualan karena kemudahan penggunaannya.
Walaupun kita menggunakan halaman
facebook untuk berjualan, kita tetap harus memiliki akun personal. Tujuannya agar
kita tetap bisa mengakses fasilitas promosi lainnya seperti fanspage, grup dan
facebook ads. Bagi anda yang tetap ingin berjualan dengan akun personal,
berikut langkah langkahnya.
Buatlah akun personal terlebih
dahulu. Akun ini nantinya akan menjadi toko online atau brand anda. Misalnya anda
ingin berjualan boneka maka anda bisa membuat akun facebook dengan nama “jual
boneka barbie”, misalnya.
Kemudian pasanglah foto profil dengan
foto produk anda. Tujuannya agar orang lebih mudah mengenal produk dan brand. Setelah
itu mulailah memposting foto produk yang anda jual. Lengkapi dengan keterangan
produk, bahan, cara pemesanan dan nomor kontak anda.
Langkah selanjutnya adalah
memperbanyak teman di facebook. Semakin banyak teman di facebook semakin luas
jangkauan pemasaran dan semakin banyak yang akan melihat postingan anda.
Sebaiknya anda mencari teman atau
meng-add target pasar anda. Kalau sasarannya ibu-ibu maka add sebanyak-banyaknya
ibu-ibu yang mungkin akan tertarik dengan produk anda.
Kemudian berinteraksilah dengan
teman yang sudah anda add. Aktifklah memberikan komentar kepada teman-teman karena
bisa jadi mereka akan menjadi konsumen anda.
Kedua, grup facebook
Grup facebook ada dua. Pertama grup
yang anda buat sendiri, kedua grup yang dibuat oleh orang lain. Tentu yang
paling nyaman digunakan untuk berjualan adalah grup yang anda buat sendiri. Namun
berjualan di grup sendiri tidak seperti kita punya lapak toko untuk berjualan,
dengan seenaknya menawarkan barang dan produk kita di grup.
Caranya adalah dengan membuat
komunitas. Misalnya anda seorang penjual buku yang anda tulis sendiri. Maka buatlah
komunitas pembaca buku anda. Buat grup facebook-nya kemudian undang mereka
untuk bergabung di grup.
Lakukan interaksi dengan anggota
grup. Silakan mereka untuk bertanya, sharing dan konsultasi tentang buku-buku
anda. Sekali-kali andapun harus berbagi ebook atau video tutorial gratis kepada
anggota. Tujuannya agar mereka senang bergabung di grup anda karena banyak
manfaatnya.
Setelah hubungan cukup akrab barulah
anda melakukan soft selling dengan menawarkan buku secara halus. Ketika anda
menerbitkan buku baru postinglah cover bukunya di grup. Namun usahakan porsi
jualannya tidak lebih banyak dari porsi berbaginya.
Kalau produk anda berbeda maka cara
kerjanya hampir sama. Misalanya anda menjual produk kecantikan, maka buatlah
grup tentang kecantikan. Buatlah artikel-artikel seputar kecantikan. Minta komentar
dan tanggapan dari anggota grup.
Posisikan diri anda sebagai admin
grup. tugas anda adalah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk. Setelah ada
interaksi baru tawarkan produk anda secar halus.
Sementara untuk berjualan di grup
orang lain tidaklah semudah kita berjualan di grup kita sendiri. Justru kita
dilarang berjualan oleh adminnya. Untuk itu gunakan grup orang lain untuk promosi
saja bukan untuk berjualan.
Ketiga, halaman facebook
Halaman facebook banyak digunakan
untuk berjualan bahkan oleh brand-brand terkenal sekalipun. Caranya, pertama buatlah
sebuah halaman di facebook. Gunakan brand
anda sebagai nama halamannya. Atau nama lain yang masih berkaitan dengan produk
anda. Kalau anda penjual boneka maka tidak harus memberi nama “Jualan boneka”. Tapi
anda bisa memberi nama halaman dengan “komunitas pecinta boneka” misalnya. Tujuannya
agar orang-orang yang menyukai boneka tertarik bergabung di halaman facebook anda.
Selanjutnya isilah halaman anda
dengan konten-konten yang menarik dan “bergizi” sehingga orang tertarik untuk
membacanya. Jadi jualah di sosmed khususnya facebook tidak selalu menawarkan
produk, tapi dengan mengedukasi anggota, memperkenalkan brand atau menginformasikan
kegiatan/event yang akan anda adakan.
Selanjutnya perbanyaklah anggota
dan fans halaman. Semakin banyak fans
semakin banyak pula orang yang melihat produk dan konten kita.
Keempat, facebook ads. (iklan facebook)
Facebook menyediakan fitur untuk
beriklan secara berbayar. Fitur ini sangat efektif kalau anda bisa menggunakannya
dengan tepat.
Secara umum fitur ini bisa kita
manfaatkan untuk mengiklankan toko online, mempublikasikan penawaran produk dan
menginformasikan event yang berkaitan dengan bisnis kita.
Untuk diketahui, dari sekian
banyak fitur di facebook fitur inilah yan paling efektif dan praktis untuk
beriklan. Karena kita dibantu oleh facebook sendiri dalam mempromosikan produk
kita.
Caranya kita tinggal membuat
iklan. Kemudian iklan itu akan ditayangkan kepada target audien yang sudah kita
atur sebelumnya. Seperti domisilinya, jenis kelaminnya, usianya, hobinya, dll. Kita
bisa mengatur sesuai dengan konsumen sasaran kita. Bahkan dengan biaya yang kecil
anda bisa menjangkau ribuan orang.
Lalu bagaimana caranya agar kita
bisa memanfaatkan fitur facebook ads ini? Caranya dengan menyiapkan sebuah akun
facebook yang aktif. Kemudian siapkan sarana pembayarannya untuk membayar biaya
iklan. Bisa dengan menggunakan kartu kredit, paypal atau lewat ATM. Setelah menyiapkan
dua hal itu anda sudah bisa beriklan di facebook ads. (Referensi : www.jefferlysuperclub.com)
No comments:
Post a Comment