12 December 2011

Kiat berjualan di Toko dan Counter




Strategi berjualan bagi pengusaha kecil tentu tidak hanya dengan cara kaki lima. Ada juga yang mampu membuka toko atau menyewa counter di mall atau minimarket. Berikut sekelumit pengalaman yang mungkin bermanfaat bagi anda.

Toko
Carilah toko yang lokasinya strategis. Bisa di pasar, di mall, atau di pinggir jalan yang ramai. Lakukan survey terlebih dahulu untuk melihat jumlah orang yang lalu lalang di sekitar toko yang anda incar. Kalau ternyata ramai dan cukup padat maka tidak ada salahnya anda mencoba menyewa toko di sana.
Hubungilah pemilik langsung dari toko yang akan anda sewa. Ada baiknya tidak melalui perantara karena akan berpengaruh kepada harga sewanya. Tawarlah kalau masih memungkinkan. Tentunya disesuaikan dengan perkiraan omset yang akan anda dapatkan terlebih dahulu. Kalau sudah sepakat buatlah surat perjanjian dan minta kwitansi pembayaran yang ditandatangani di atas materai.
Setelah dilakukan pembayaran, desainlah toko anda. Namun sebelumnya cek dulu kondisi toko apakah ada yang bocor atau tidak. Kalau sudah aman baru dicat dan didesain dengan menarik. Hal ini penting agar orang tertarik melihat toko anda. Kalau desainnya tidak menarik tentu yang akan terjadi sebaliknya, toko anda akan sepi pengunjung.
Setelah itu siapkan display, etalase, serta raknya. Sesuaikan dengan desain toko dan produk yang akan dijual. Sebaiknya display jangan terlalu besar dan mendominasi ruangan. Karena akan membuat toko penuh dengan display bukan penuh dengan barang dagangan. Pilihlah display yang minimalis sehingga tidak menghabiskan ruang toko kita.
Setelah itu siapkan produk yang akan dijual. Sesuaikan dengan luas toko dan tata dengan menarik. Produk unggulan sebaiknya disimpan pada bagian depan.
Yang tidak kalah penting adalah menyiapkan penjaga toko (SPG) yang komunikatif dan cekatan. Agar termotivasi, berikan mereka  sistim gaji yang menarik. Bisa dengan gaji bulanan atau dengan sistim bagi hasil. Berikan pula bonus kepada SPG bila target omset tercapai. Dan yang tidak kalah penting, sebaiknya SPG diamanahi tanggungjawab untuk keamanan barang dan toko sesuai dengan kapasitasnya. 

Counter
Kalau anda tertarik untuk membuka counter di mall atau di supermarket sebaiknya lakukan survey terlebih dahulu. Datanglah ke beberapa mall yang ramai pengunjungnya. Kemudian pilih lokasi yang strategis. Disamping itu sesuaikan produk anda dengan tipe pengunjung mall atau supermarket yang anda bidik.
Ada beberapa alternatif counter yang bisa anda sewa. Pertama  menyewa counter di depan sumpermarket kecil seperti Alfa mart, Indomaret, dan Yomart. Kedua, menyewa di mall yang agak besar dengan harga yang tentunya lebih tinggi dibanding minimarket.
Kalau anda sudah menetapkan pilihan, segera hubungi bagian pengelola gedung. Tanyakan sewa perbulan, fasilitas, hak, serta kewajiban masing-masing. Perhitungkan apakah sewanya wajar atau kemahalan. Bila terjangkau dan pasarnya cukup prospek ada baiknya anda mencoba. Tapi jika terlalu mahal dan tidak seimbang dengan kemampuan anda menyewa, sebaiknya anda cari alternatif lain.
Setelah anda memastikan tempat yang akan disewa maka mulailah menyiapkan barang dan display yang menarik. Sekali lagi Carilah SPG yang komunikatif dan ramah. Hal ini turut mempengaruhi penjualan di counter anda. Sesuaikan pula produk dan harga jual dengan pengunjung mall. Tujuannya agar produk anda laku dan cepat perputarannya.  




No comments:

Post a Comment